August 2022
Seperti Apa Sih Kain Seragam yang Nyaman?

Hampir seluruh organisasi di dunia, mau itu organisasi militer, kesehatan, sekolah, hingga tawanan di penjara sekalipun pernah mengenakan seragam sebagai pembawa identitas mereka. Dalam pembuatannya, seragam dipengaruhi kebutuhan dan tujuan organisasi yang berbeda-beda. Organisasi militer misalnya, memanfaatkan bahan seragam yang kuat dan tebal untuk aktivitas para tentara di luar ruangan. 


Sayangnya, beberapa seragam militer dahulu sangat tidak mempertimbangkan kenyamanan pemakainya, seperti yang terjadi pada seragam marinir AS The Stock yang justru membunuh para tentara karena kesulitan bergerak di medan perang. Namun tak perlu jauh-jauh, beberapa seragam instansi maupun sekolah pun saat ini masih banyak yang terbuat dari bahan-bahan tebal dan kaku, bahkan tidak menyerap keringat. Kerap dijumpai pula anak-anak Sekolah Dasar yang sering kepanasan saat memakai seragam sekolah. Padahal seragam acap kali digunakan seharian, dan tentunya perlu memberikan rasa nyaman.


Permasalahan seragam yang masih kurang nyaman digunakan akhirnya memantik pembuatan bahan kain yang kokoh, awet, namun tetap nyaman. Beberapa serat dicampurkan untuk menghasilkan bahan kain campuran (blended) yang mendukung kebutuhan. Salah satu hasil dari percobaan tersebut adalah kain drill, dengan turunannya yang bermacam-macam seperti american drill, kato drill, castillo drill, dan japan drill. Meskipun sejenis, empat kain tersebut punya karakteristik berbeda untuk setiap kebutuhan. Duniatex sendiri sangat merekomendasikan american drill untuk pilihan bahan kain seragam terbaik.


Dibandingkan saudara-saudaranya, american drill menjadi satu-satunya kain dengan kualitas tekstur paling pas. Karakteristiknya tidak terlalu tebal, tidak kasar, lentur, breathable atau adem, dan ekonomis dari segi harga. Jalinan benang yang dipintal secara diagonal memberikan kualitas dan kesan kokoh. Meski kokoh, american drill tetap lentur dan nyaman sehingga menjadi pilihan untuk bahan kemeja lapangan (PDL) hingga seragam perusahaan. Untuk seragam kantor eksekutif yang membutuhkan kerapian saat dikenakan di acara formal, bahan american drill juga sangat cocok dipakai karena tidak mudah kusut dan berkerut.


Cara perawatan seragam berbahan kain drill pun cukup mudah, selayaknya bahan kain lainnya. Jangan terlalu panas dalam menyetrika, dan jangan dijemur langsung di bawah matahari. Hindari pula menyikat keras pakaian berbahan drill, karena akan merusak jalinan serat permukaannya. 


Jika kamu tak terlalu suka tampilan seragam yang kokoh, kamu bisa mencuci kain seragam dengan baking powder atau soda kue yang berfungsi untuk mengunci bahan kimia pada kain. Soda kue nantinya berperan untuk melemaskan bagian kain yang terasa masih kaku. Kamu juga bisa menggunakan air hangat dan pelembut pakaian saat mencuci kain seragam agar lebih nyaman dipakai.


Duniatex menyediakan Valleta American Drill yang bisa memenuhi kebutuhan seragam bawahan dan atasan. Lembut dan breathable, kamu bisa langsung menghubungi marketing kami untuk pembelian melalui Whatsapp!